Universitas Gunadarma

www.gunadarma.ac.id

DEFINISI (POS),SOFTWARE BERSERTA FITURNYA


Definisi dan Fungsi dari Point of Sale (POS) 
Dalam dunia bisnis, Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai. Ini adalah dimana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Pada POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut dengan Struk.

Berikut adalah fungsi Point of Sale bagi para pemilik usaha:

1. Mendata setiap transaksi secara lengkap dan detail sehingga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada saat itu ataupun dapat dipilih dalam periode tertentu.

2. Dapat menggunakan cek persediaan barang dimana pun secara acak. Hal ini akan mengurangi kecurangan atau kelalaian Anda dan para karyawan.

3. Laporan penjualan usaha Anda dapat diketahui secara online dan real-time. 

4. Anda dapat mengubah harga jual secara cepat dan mudah. Misalkan apabila barang yang Anda jual memang biasa naik dan turun mengikuti nilai tukar mata uang asing, Anda tidak perlu mengganti satu per satu dan memakan banyak waktu, namun dapat Anda ganti berdasarkan kategori barang.

5. Dapat mengetahui persediaan barang apa saja yang masih memiliki banyak stok ataupun yang mendekati habis sehingga Anda bisa dengan cekatan menyetok ulang barang tersebut.

6. Mempersingkat proses transaksi dan menjaga kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang berlangsung.

Apa yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sistem Point of Sale untuk usaha Anda? Berikut adalah rincian yang perlu Anda cermati.

1. Harga dan Kualitas
Sebelum Anda membeli, pastikan Anda mengetahui apa yang sebenarnya usaha Anda butuhkan sehingga Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran Anda. Kebanyakan Point of Sale membutuhkan investasi uang yang tidak murah terlebih apabila Anda memiliki lebih dari satu cabang. Fitur tambahan juga biasanya memerlukan biaya tambahan juga. Garansi juga hanya bertahan selama beberapa bulan hingga setahun. Pastikan selalu menanyakan pada sales yang menjual sistem POS kepada Anda harga untuk pemasangan alat, instalasi aplikasi, peningkatan software, dan bantuan sebelum Anda menentukan bahwa POS tersebut cocok untuk Anda.

2. Perangkat yang Diperlukan
Pastikan Anda membeli perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) untuk sistem POS. Hardware meliputi layar monitor yang dapat disentuh ataupun menggunakan kursor yang ditempatkan pada titik-titik tertentu seperti dibelakang meja layanan pelanggan, dibelakang meja bar dan lainnya. Hardware juga mencakup setiap server jaringan yang diperlukan, peralatan sistem tampilan dapur, hingga komputer yang akan digunakan.

3. Perangkat Lunak Untuk Melacak Data
Perangkat lunak atau Software mencakup semua program yang Anda butuhkan dalam sebuah Point of Sale, Finansial usaha Anda, laporan inventori, hingga mencakup sistem kepuasan pelanggan. Software bahkan dapat menggunakan data karyawan untuk membantu Anda dalam menyusun jadwal karyawan dan membuat pekerjaan yang merepotkan dan membuang waktu tersebut menjadi lebih mudah.

4. Laporan Keuangan yang Lengkap
Pastikan bahwan sistem POS Anda memungkinkan Anda untuk menyediakan laporan keuangan Anda secara rinci, laporan yang pasti dan memudahkan Anda yang awam dengan istilah istilah akuntansi yang membingungkan menjadi lebih mudah dimengerti. Dengan laporan keuangan yang lengkap, Anda bisa dengan mudah menentukan tindakan Anda selanjutnya dalam menjalankan usaha Anda dan juga tidak ada lagi waktu yang terbuang hanya untuk merekap hasil penjualan setiap malamnya.

5. Ramah untuk Digunakan
Sebuah sistem POS yang membingungkan atau membutuhkan pelatihan secara intensif hanya akan membuat hidup Anda semakin rumit. Tidak hanya akan membuat para karyawan Anda jengah dalam menggunakannya, tetapi juga akan melambatkan kecepatan proses transaksi. Dengan menggunakan tampilan yang ramah untuk digunakan, Anda bisa secara otodidak untuk mempelajari sistem tersebut tanpa harus menunggu orang lain menjelaskannya kepada Anda.

6. Dukungan teknis
Bukan masalah apakah Anda mengalami masalah saat sekarang ataupun dimasa yang mendatang, tapi ketika akan ada masalah dengan sistem POS Anda. Dengan mencari sistem POS yang menyediakan jasa teknisi yang sudah ahli dalam bidangnya dan setiap waktu dapat membantu Anda apabila menemukan suatu kerusakan atau kesalahan dalam pengaturan, akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman apalagi kalau dukungan teknis tersebut tidak dipungut biaya tambahan.
Dalam pengembangannya, POS yang biasanya terdapat pada sebuah komputer yang dirancang khusus hanya untuk melakukan transaksi, sekarang dapat diakses diberbagai macam media. Seperti Mokapos contohnya yang menggunakan Android Smartphone atau iPad sebagai media yang menjalankan aplikasi Point of Sale tersebut. Cukup dengan mengunduh applikasi MokaPos di iPad atau Android, Mokapos dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi. Applikasi dapat diunduh (iPad) atau (Android).
  • Software
POS software merupakan komponen utama dari sistem POS yang pada akhirnya menentukan jalannya proses, seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana harus melakukan. Menentukan software yang tepat akan sangat bergantung pada fitur yang dibutuhkan dan jenis lingkungan tempat bekerja. Banyak software POS yang sangat fleksibel untuk mengakomidir berbagai usaha. Software yang ditawarkan terdiri dari versi dasar serta versi pro dan setiap perusahaan memakai fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui jenis POS seperti apa yang cocok untuk bisnis anda, ada baiknya tentukan fitur-fitur yang penting dan cara berbisnis seperti apa yang dilakukan. Semua software POS akan menangani transaksi dasar, selain itu masih ada fitur tambahan lainnya yang tersedia, beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan adalah:

a..  Inventory Management
Pebisnis perlu mengelola persediaan barang yang dimiliki dan software POS akan membantu mengecek tingkat stok barang dan data penjualan yang terjadi. Pebisnis harus dapat mengetahui setiap detik stok barang untuk memastikan supply kepada pelanggan.

b. Pelaporan
Keunggulan dari penggunaan POS systems ini adalah dapat mengetahui laporan mengenai penjualan dan kebiasaan pelanggan. Sebagian aplikasi memiliki pelaporan dasar untuk memberikan laporan yang terjadi dalam berbisnis.

c. Purchasing
Dengan system pelacak inventaris, pebisnis akan mengetahui kapan persediaan barang habis. Beberapa software POS dilengkapi dengan software acconting untuk membuat memberi laporan barang yang hampir kehabisan stok, sehingga pelanggan tak perlu kecewa karena barang tidak ada.

d. Customer Management
Dengan menentukan aplikasi yang tepat bukan mustahil dapat meciptakan promosi  tertentu, kupon belanja dan proses reservasi pelanggan dihandle dengan satu aplikasi, menciptakan customer experience yang baik akan membuat pelanggan anda kembali lagi.

e. Standar Keamanan Transaksi
Kebanyakan dari pelanggan senang bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit. Oleh karena itu untuk mempermudah mereka maka system POS harus dilengkapi dengan standar keamanan bertransaksi.

f. Return Processing
Proses retur dan pertukaran barang ada di setiap bisnis. Software POS yang tepat dapat membantu membuat proses ini lebih mudah bagi Anda dan pelanggan.
Fitur-fitur tersebut merupakan fitur umum yang biasanya tersedia, tetapi yang terpenting adalah mengetahui kebutuhan fitur apa yang cocok yang akan digunakan untuk bisnis anda. (lihat
  • ·Hardware
Semua POS membutuhkan hardware untuk menjalankan fungsinya, membantu proses pembayaran dan membuat tanda terima untuk pelanggan. Dalam hal pemilihan hardware ini, sebaiknya anda mencocokan dengan lingkungan kerja nantinya. 

a.Terminal/PC
Dalam hal ini banyak perusahaan yang hanya menggunakan PC sederhana untuk menunjang bisnisnya, tetapi ada POS system yang menyediakan pengoperasian berdaya rendah serta all-in-one unit dengan layar sentuh yang terintegrasi serta dilengkapi card reader. Toko retail kebanyakan menggunakan standar PC sedangkan untuk restaurant menggunakan all-in-one PC. Pada akhirnya kebutuhan pebisnis lah yang menentukan kebutuhan akan PC terserbut.

b. Receipt Printer
Disetiap transaksi selalu diakhiri dengan mencetak tanda terima untuk pelanggan, apabila printer bermasalah maka proses kerja POS akan terganggu, jadi pastikan untuk mempunyai printer yang mendukung volume cetak dan mudah digunakan. Saat ini printer thermal yang lebih mudah untuk digunakan dan tidak harus berurusan dengan tinta.

c. Cash Drawer
Cash Drawer merupakan komponen yang paling sederhana tetapi merupakan tempat paling nyaman untuk menyimpan uang tunai, cek dan penerimaan kartu kredit sepanjang penjualan. Laci biasanya terhubung ke printer dan terbuka secara otomatis dalam setiap transaksi.

d. MSR/Terminal Pembayaran
Alat ini digunakan untuk pembayaran yang berbasis kartu kredit atau debit dan setiap system POS membutuhkan sarana untuk dapat membaca dan memproses kartu tersebut. Kemampuan MSR ini tergantung pada perangkat lunak yang digunakan.

e. Barcode Scanner
Merupakan bagian terpenting untuk mempercepat proses memasukan barang dan proses pelayanan penjualan. Untuk kebutuhan pelayanan pembelian pelanggan yang cepat bisa menggunakan tipe hands-free.
Dengan mengenal komponen-komponen pendukung POS, diharapkan anda dapat menentukan sistem POS yang tepat untuk kebutuhan bisnis anda, untuk mempermudah anda dalam melakukan merakit dan menentukan komponen yang mana yang akan digunakan Axopos menyediakan paket POS yang langsung bisa dipakai.
  • Floreant POS
adalah fasilitas fisik tidak bergerak untuk melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, dan pengantaran surat dan paket pos.
Kantor pos menjual benda-benda pos dan filateli, seperti prangkokartu posamplop, dan perlengkapan untuk membungkus paket. Di beberapa negara, kantor pos berfungsi sebagai tempat penerimaan aplikasi paspor, pengiriman weselpos atau money order, penjualanasuransi, pemesanan barang, serta layanan giropos dan perbankan.
Di dalam kantor pos terdapat berbagai loket yang dibagi-bagi menurut jenis layanan, seperti loket pengiriman surat dalam negeri, loket surat luar negeri, dan loket weselpos. Di ruangan utama kantor pos biasanya memiliki beberapa meja yang di atasnya sering diletakkanbolpenpensillem, atau karet busa yang dibasahi dengan air. Pemakai jasa pos bisa menggunakan meja untuk menulis atau menyiapkan surat atau paket yang hendak dikirim.
Di tempat yang agak terpisah dari ruangan utama kantor pos biasanya terdapat kotak posuntuk disewa individu atau pemilik bisnis yang tidak ingin mengumumkan alamat jelas atau berada di alamat tidak terjangkau layanan pos. Di ruang belakang kantor pos terdapat ruangan sortir untuk memilah-milah surat sebelum disampaikan ke kantor pos yang lebih besar atau diantarkan kepada alamat yang dituju.
Floreant POS adalah touch sreen platform menawarkan User Interface sederhana dirancang untuk kafe dan restoran kecil. Software memiliki sistem menu makanan dikonfigurasi yang dapat di kategorikan menjadi  menu Kategori  Makanan, Grup, Produk dan menu edit.  Florenat POS  juga memiliki  fitur mudah untuk dikonfigurasi dengan Pajak, Diskon, Payroll, kiat-Server, pilihan Lacitarik. Memiliki Laporan canggih termasuk laporan penjualan per jam dan laporan penjualan secara rinci. Floreant POS dianjurkan karena memiliki komunitas forum yang aktif dan ketersediaan dukungan komersial yang telah dirilis di bawah MRPL,

INTRUKSI MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI POS [Point Of Sales] 

1. Masuk ke dalam program dengan menggunakan Login ID: admin dan Password: admin or ID: user Password: user (case sensitive password) (Login ID dan password ini sudah ada dalam program). Apabila Anda ingin mengganti password atau menambah User dan lain-lain dapat dilakukan dari menu  Utilities.
2. Isi master Barang dan Pelanggan.Selanjutnya Anda bisa melakukan transaksi penjualan. Pada saat transaksi penjualan, Anda bisa menentukan sendiri harga barang yang dijual. Selisih dari harga barang dan harga jual barang akan dijadikan acuan untuk menghitung laba Penjualan.
3. Untuk melihat Stok barang dapat dilakukan dari Master Barang.
4.Anda bisa melihat semua data dari menu Reports. Diantaranya adalah jumlah  barang, jumlah data customer, stock alert dan sebagainya.
5.Program akan  melakukan backup data secara otomatis di folder D:\BackupPOS(kalau drive D ada) setiap kali program dijalankan.

6.Backup/Restore dapat juga dilakukan dari menu utilities (backup/restore to/from c:\programm files\POS\Backup).

7.Anda juga bisa melakukan Backup/Restore dari menu Utilities.

Fitur :
  •   Food server Touch screen activities : untuk membuat pemesanan, Edit, Merge, Split, Void, Reorder dan pembayaran tiket. Can be used for restaurants, drive through, carry out or home delivery.
  • Manager facilities : untuk mengoperasikan Drawer Pull, Drawer bleed, kartu kredit, pembayaran & laporan penerimaan di printer. 
  • Kitchen Print : Rute instruksi untuk order dapur yang diterima. Melacak pemborosan dan menetapkan printer Dapur khusus untuk terminal yang berbeda
  • Backoffice : Menyediakan antarmuka yang Ramah untuk mengelola Menu Makanan, Paket Khusus, Beverates, Modifers, instruksi Memasak, dapat mengedit perubahan harga dan diskon. 
  • Cash terminals : Dapat menangani kombinasi jenis pembayaran dalam tunai ataupun kredit. Secara otomatis menghitung Diskon dalam persen dengan jumlah yang tetap dan dapat diset dengn kartu diskon maupun kupon.
  • MIS Reports : dapat diset standar laporan keuangan termasuk ringkasan Penjualan dan laporan perinciannya, laporan pendapatan per Jam, melaporkan Tips dari konsumen, laporan cash dan laporan kartu kredit.
  •  Robust technology: Client Server POS didukung oleh Java DB / Apache Derby, Jawa, Hibernate dan JavaPOS API. Floreant POS telah diuji pada beberapa terminal berjalan di Windows, Linux dan Mac 10.x
 Tangkapan layar












Untuk menjalankannya disistem anda harus terinstall Java SDK. File yang didownload tadi kita ekstrak
1. Untuk Windows, jalankan dulu start-server.bat, lalu kemudian floreantpos.bat
2. Untuk linux, jalankan dulu start-server.sh, lalu floreantpos.jar melalui terminal java -jar floreantpos.jar

Share on Google Plus

About muhamad hafiz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar