Universitas Gunadarma

www.gunadarma.ac.id

softskill_ Macromedia Flash.



Ada 3 macam tool / software yang digunakan dalam animasi berikut adalah macam-macamnya :
Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang punya kemampuan sederhana hingga yang komplek. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokan menjadi menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi. Pertama saya akan menjelaskan software apa saja yang ada di animasi pada 2 dimensi pada software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara.
Contoh yang saya ambil adalah dari software Animasi 2 D ini, antara lain :
1.      Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini.
Manfaat dan kegunaan Software Macromedia Flash 1. Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail. 2. Game : aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern. 3. User Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan berbagai navigasi yang sangat sederhana. 4. Flexible Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update seperti        website jualan atau     restoran.Spesifikasi untuk install Macromedia Flash Player 8 Professional:
·         Windows 2000/2003 / XP / Vista / Seven (32 or sisty four bit)
·         1 Ghz of Processor
·         1 GB RAM
·         700 MB of free HDD house
·         Resolusi 1024 x 768
Macromedia Flash 8 Professional adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun gambar animasi. Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis, biasanya untuk format hasil gambarnya seperti EPS, SV, CDR dll. Sedangkan Gambar animasi yaitu gambar atau film yang merupakan hasil pengolahan tangan sehingga gambar atau film yang tadinya diam, bisa menjadi serangkain gambar yang berubah, jadi kelihatan seolah-olah bergerak.
2.  Macromedia Director
Macromedia Director adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk Membuat CD Interaktif. Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan konten halaman web dalam bentuk Shockwave. Berikut ini adalah fungsi atau manfaatnya pada macromedia director adalah :
·         Mendukung proyek-proyek multimedia baik 2D dan 3D
·         Membuat animasi/kartun dalam 2D
·         Bisa digunakan dalam membantu mengedit video
·         Membantu dalam pembuatan isi konten WEB
·         Dapat digunakan untuk membuat CD Interaktif
·         Bisa Juga digunakan dalam pembuatan game
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita melihat dahulu kebutuhan minimum hardware dan software untuk bisa menjalankan Director pada sistem Windows.
• Prosessor: Intel Pentium 111 450 MHz (atau yang lebih tinggi)
• Sistem operasi: Windows 9x, 2000 atau Windows XP
• Memori: Minimal 64 MB RAM (lebih dianjurkan 128 atau 256)
• Hardisk: Sekitar 100 MB ruang hard disk kosong
• VGA Card: 16 MB
• Monitor: 256 color dan Resolusi 800 x 600
• Browser: Internet Explorer 4.0 (atau yang lebih baru), Netscape Navigator 4.0 (atau
yang lebih baru)
• Renderer: DirectX 7.0 atau OpenGL 1.0
• CD-RW: untuk merekam movie ke VCD atau CD Interaktif
• Speaker
Sebelum mempraktekkan tutorial selanjutnya, sebaiknya software Macromedia Director telah di Install terlebih dahulu. Pada versi 2004 MX (dapat disebut juga Macromedia Director versi 10).
Alasan menggunakan Macromedia Director Macromedia Director MX 2004 :
1. Mempunyai interface dan perintah yang sama seperti versi sebelumnya (versi 7, 8 dan 8.5). sehingga pengguna Macromedia Director dengan versi rendah dapat menggunakan modul ini
2. Kemampuan Macromedia Director MX dibandingkan dengan versi MX 2004 tidak terlalu prinsip.
3. Meskipun rekan anda menggunakan Macromedia Director versi MX 2004 atau lebih tinggi, tetap dapat dibuka / open di Macromedia Director MX atau lebih rendah.
4. Efiensi : memori yang digunakan di Macromedia Director 2004 MX jauh lebih besar dibandingkan Macromedia Director MX. Sehingga saat pembuatan dan menjalankan pekerjaan multimedia kita terasa lebih berat dan lambat
5. Dapat berjalan baik / compatible di semua sistem operasi seperti Windows 9x, ME, 2000 dan XP Home / Professional, sedangkan Macromedia Director versi 8.5 ke bawah akan bermasalah pada long file name Cast Member bila dijalankan di Windows XP.
6. Compatibel / cocok dipadukan dengan Macromedia Flash MX. Animasi dan script (umumnya) pada Macromedia Flash dapat diimport dan berjalan tanpa masalah di Macromedia Director.
7. Mulai Macromedia Director versi 8.5, ditambah kemampuan 3 Dimensi dengan engine DirectX dan OpenGL yang biasa dipakai untuk Game 3D saat ini. Untuk anda yang mempunyai VGA Card merk Nvidia kelas GeForce lebih optimal dengan engine OpenGL. Untuk pemakai ATI kelas Radeon engine yang cocok dan optimal adalah DirectX.
                                                           

3.      Adobe ImageReady
Adobe ImageReady adalah editor grafis bitmap yang dikirim dengan Adobe Photoshop oleh Adobe Systems selama hampir sepuluh tahun. ImageReady ditulis dalam bahasa C + + pemrograman Itu tersedia untuk Windows dan Mac OS X platform 1998-2007, setelah itu dihentikan. ImageReady memiliki fitur khusus seperti GIF penciptaan animasi, optimasi kompresi gambar, dan efek rollover, dan generasi HTML. Berikut ini adalah fungsi atau manfaat pada adobe imageready yang biasa disebut juga dengan adobe photoshop Kinerja Adobe Photoshop lebih cepat di seluruh platform, dengan memanfaatkan dukungan cross-platform 64-bit. (Membutuhkan komputer 64-bit-mampu dengan versi Sistem Operasi 64-bit Mac OS, Microsoft ® Windows ® 7, atau Windows Vista ®). Kinerja bervariasi tergantung pada jumlah RAM, Tipe Driver, dan faktor lainnya). jadi pada waktu untuk melakukan Edit gambar dengan software Adobe Photoshop versi lama akan terasa lama dan tool yang digunakan belum sangat lengkap maka dengan yang seri Software Adobe Photoshop yang baru ini akan lebih mudah dan cepat juga toolsnya lengkap. Kelebihan – kelebihan mengenai software adibe photoshop beberapa diantaranya:
 Membuat tulisan dengan effect tertentu.Adobe Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang terdapat didalam Software Adobe Photoshop. Adobe Photoshop memiliki kemampuan untuk membuat, membaca dan menulis gambar dengan berformat raster maupun vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Adobe Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
 PSD (Photoshop Document) merupakan format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Atau hasil asli dari editing kita. Kepopuleran Adobe photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programmer program khusunya dalam Adobe Photshop penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka, agar dapat digunakan dan di ubah-ubah       seketika            memerlukanya.
 PSB merupakan versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gigabyte.
 PDD merupakan versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.
 Membuat tekstur dan material yang beragam.  
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat design gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya dengan menggunakan effect-effect yang terdapat pada software Adobe Photoshop.
 Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.      
Dengan Adobe Photoshop kita dapat merubah gambar kita yang jelek / tidak menarik dengan menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga, Adobe Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun dan gambar-gambar lainya yang kita inginkan. Dalam Design Grafis biasanya disebut Vector maupun Vexel. Vector dan Vexel pada Adobe Photoshop ini menyediakan filter “reduce grain” atau dapat diartikan (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto atau gambar yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya.
 Memproses  materi Web.
Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk keperluan web, misalnya: dalam kompres file gambar agar ukurannya lebih kecil maupun besar sesuai untuk kebutuhan/keperluan, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada dapat dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi Rollover dan Animasi GIF.

Kesimpulan:
Aplikasi yang saya pilih adalah Macromedia Flash. Alasan menggunakan Macromedia Flash adalah karena :

Animasi dan gambar konsisten dan fleksibel, karena tetap terlihat bagus pada ukuran jendela dan resolusi layar berapapun pada monitor pengguna.

Kualitas gambar terjaga. Hal ini disebabkan karena Flash menggunakan teknologi Vector Graphics yang mendeskripsikan gambar memakai garis dan kurva, sehingga ukurannya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan tanpa mengurangi atau mempengaruhi kualitas gambar. Berbeda dengan gambar bitmap seperti bmp, jpg dan gif yang gambarnya akan pecah-pecah ketika ukurannya dibesarkan atau diubah karena dibuat dari kumpulan titik-titik.

Waktu loading (kecepatan gambar atau animasi muncul atau loading time) lebih cepat dibandingkan dengan pengolah animasi lainnya, seperti animated gifs dan java applet.

Mampu membuat website yang interaktif, karena pengguna (user) dapat menggunakan keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian lain dari halaman web atau movie, memindahkan objek, memasukkan informasi di form.

Mampu menganimasi grafis yang rumit dengan sangat cepat, sehingga membuat animasi layar penuh bisa langsung disambungkan ke situs web.

Mampu secara otomatis mengerjakan sejumlah frame antara awaldan akhir sebuah urutan animasi, sehingga tidak membutuhkanwaktu yang lama untuk membuat berbagai animasi.

Mudah diintegrasikan dengan program Macromedia yang lain, seperti Dreamweaver, Fireworks, dan Authorware, karena tampilan dan tool yang digunakan hampir sama.

Dapat diintegrasikan dengan skrip sisi-server (server side scripting) seperti CGI, ASP dan PHP untuk membuat aplikasi pangkalan data web.

Lingkup pemanfaatan luas. Selain tersebut diatas, dapat juga dipakai untuk membuat film pendek atau kartun, presentasi, iklan atau web banner, animasi logo, kontrol navigasi dan lain-lain.





Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/www.operaja.com/manfaat-dan-kegunaan-software-macromedia-flash_54f772a3a333115a618b457d


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/www.operaja.com/manfaat-dan-kegunaan-software-macromedia-flash_54f772a3a333115a618b457d
 


Share on Google Plus

About muhamad hafiz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar