Universitas Gunadarma

www.gunadarma.ac.id

jenis jenis usaha bank dan contoh perhitungan


1.      JENIS – JENIS USAHA BANK.
Jenis – Jenis Bank
Perkembangan bank saat ini membuat bank – bank yang ada di Indonesia
dibedakan dalam beberapa pengelompokan. Pengelompokan bank itu terdiri dari:

1.Berdasarkan Undang – Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang
Perbankan, terdiri dari (Kasmir,2003:21):

a.Bank Umum, adalah bank yang melaksanakan kegiatannya secara
konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.

b.Bank Perkreditan Rakyat, adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensiona atau syariah dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

2.Bank berdasarkan kepemilikannya(Taswan,2010:9):

a.Bank milik pemerintah adalah bank yang akte pendirian dan modalnya dimiliki oleh pemerintah, sehingga seluruh keuntungan bank tersebut merupakan milik pemerintah. Contohnya: Bank  Negara Indonesia 46 (BNI 46), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri.

b.Bank milik swasta nasional, merupakan bank yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional serta akte pendiriannya pun didirikan oleh swasta, begitu pula pembagian keuntungan diambil oleh pihak swasta juga. Contohnya: Bank Central Asia (BBCA), Bank Danamon, Bank Bukopin, Bank Sinarmas, dan bank swasta nasional lainnya.

c.Bank milik asing, adalah bank yang merupakan cabang dari bank yang berada di luar negeri, baik milik swasta asing maupun pemerintah asing suatu negara. Contohnya American Express Bank, Hongkong Bank, Bangkok Bank dan bank asing lainnya.

d.Bank milik campuran, adalah bank yang sahamnya dimiliki oleh pihak asing dan pihak swasta nasional, kepemilikan sahamnya secara mayoritas dipegang oleh warga negara Indonesia. Contohnya: Inter Pasifik Bank, Bank Finconesia, dan bank campuran lainnya.


3.Bank berdasarkan kegiatan devisa (Sigit dan Totok, 2006:76-77):

a.Bank Devisa, adalah bank yang dapat melaksanakan kegiatan transaksi ke luar negeri atau yang berhubungan dengan mata uang asing secara keseluruhan, misalnya transfer ke luar negeri, inkaso ke luar negeri, travelers cheque, pembukuan dan pembayaran Letter of Credit (L/C) dan transaksi luar negeri lainnya. Untuk menjadi bank devisa harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan Bank Indonesia.

b.Bank Non Devisa, adalah bank yang mempunyai izin untuk melaksanakan transaksi sebagai bank devisa, sehingga tidak dapat melaksanakan transaksi seperti halnya bank devisa sehingga transaksi yang dilakukan hanya dalam batas – batas suatu negara.

4. Bank berdasarkan cara menentukan harga (Sigit dan Totok;2006:151-
173):

a.Bank yang berdasarkan prinsip konvensional Dalam mencari keuntungan dan menetapkan harga kepada para nasabahnya, bank yang berdasarkan prinsip konvensional menggunakan dua metode. Pertama, spead based dengan menetapkan bunga sebagai harga jual produk simpanan deposito dan harga beli untuk produk pinjamannya (kredit) juga ditentukan berdasarkan tingkat suku bunga tertentu Kedua, fee baseduntuk jasa- jasa bank lainnya pihak perbankan konvensional menggunakan atau menerapkan berbagai biaya dalam nominal atau persentase tertentu seperti biaya administrasi, biaya provisi, sewa, iuran, dan biaya-biaya lainnya yang dikenal dengan istilah fee based.

b.Bank yang berdasarkan prinsip syariah Penentuan harga atau mencari keuntungan bagi bank yang berdasarkan prinsip syariah adalah dengan cara: pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah), prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah), pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah) atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina). Bank berdasarkan prinsip syariah mengharamkan penggunaan harga produknya dengan bunga tertentu.






2. Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking
Setiap produk dan aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, adapun kelebihan dan kekurangan menggukan
Mobile Banking adalah sebagai berikut:

a.Kelebihan Mobile Banking

1.Mudah digunakan dengan modal kartu dari berbagai operator seluler dan ponsel berbagai jenis, fasilitas Mobile Banking bisa dinikmati. Dengan modal SMS nasabah sudah bisa melakukan transaksi,baik itu transfer uang, cek saldo, pembayaran, pembelian pulsa dan masih banyak transaksi lain yang bisa digunakan dengan memanfaatkan fasilitas Mobile Banking.

2.Menghemat waktu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk megantri di bank atau sekedar keluar mencari mesin ATM untuk bertransaksi. Dengan berdiam dirumah transaksi perbankan sudah bisa dilakukan.

3.Lebih fleksibel Bisa melakukan transaksi kapan saja, melakukan transaksi apa saja (selain penarikan tunai). Jadiakan mempermudah bila ingin melakukan transaksi kapan saja, bisa dimana saja selama jaringan ponsel mendukung

b. Kekurangan Mobile Banking

1.     Tidak bisa melakukan penarikan tunai Hal ini wajar, mengingat transaksi hanya via Handphone, jadi tidak bisa melakukan penarikan uang tunai seperti halnya datang langsung ke bank atau melalui ATM. Nasabah hanya bisa melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran, cek saldo, dan sebagainya.
2.     Bergantung pada pulsa dan jaringan Transaksi dengan Mobile Banking mungkin terlihat mudah, tapi setiap transaksi yang dilakukan harus dengan dukungan yang memadai dari Handphone. Misalnya saja saat bertransaksi harus dipastikan bahwa kartu seluler yang digunakan memiliki pulsa dan jaringan. Hal ini wajib, mengingat setiap pengiriman SMS transaksi akan dikenakan biaya yang besarannya berbeda - beda dari masing – masing provider. Dan apabila nasabah sedang berada di lokasi pegunungan yang tidak ada jaringan, otomatis transaksi tidak bisa dilakukan karena SMS tidak dapat terkirim.
3.     Rawan kejahatan bila kurang hati – hati  Setiap transaksi pasti harus ada verifikasi atau menyertakan PIN untuk validasi kepemilikan rekening. Bila tidak berhati - hati dalam menyimpan PIN dan menaruh Handphone, mungkin akan terjadi tindakan kejahatan seperti kehilangan Handphone dan pelaku kejahatan tersebut akan melakukan transaksi dengan kartu seluler tersebut tanpa sepengetahuan pemiliknya


2. Sebutkan kelebihan dan kelemahan E-Banking

Kelebihan E-Banking
1. Menghemat waktu dalam melakukan tranksaksi
2. Dapat melakukan tranksaksi dimana dan kapan saja
3. Tidak perlu antri di Bank maupun Atm
4. Tinggal Klik dan selesai melakukan tranksaksi
5. Banyak bonusnya menggunakan E- Banking
6. Tidak perlu Bayar parkir, bagi yang menggunakan kendaraan.

Kelemahan E-Banking
1. Sering Terjadi Gagal Tranksaksi dikarenakan Internet yang kurang stabil
2. Rawan Pembobolan dikarenakan nasabah tidak menyimpan Pin akses dengan
baik 3. Target dari beberapa orang – orang yang tidak bertanggung jawab, seperti
cyber crime dan Hacker

3. Sebutkan kelebihan dan kelemahan M-Banking

Kelebihan M-Banking
1. Mudah digunakan
2. Menghemat waktu
3. Lebih fleksibel

Kekurangan M-Banking
1. Bergantung pada pulsa dan jaringan
2. Rawan kejahatan bila kurang hati-hati
3. Tidak bisa melakukan penarikan tunai


4. Contoh kasus pencurian di Bank / ATM
kejahatan pencurian dengan cara pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).Perlu ada kerjasama antara aparat penegak hukum dengan masyarakat. Hal ini dikarenakan keterbatasan aparat penegak hukum khususnya aparat kepolisian Indonesia, oleh karena itu partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan untuk menanggulangi tindak kejahatan seperti pencurian dengan cara pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang banyak terjadi. Masalah pencurian dengan cara pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di masyarakat kita bukan lagi hal baru. Meskipun tempat dan tujuannya berbeda umumnya modus operandi pencurian dengan cara pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)dinilai sama.


5.   Contoh kasus perhitungan bunga harian bulanan dan tahunan




Share on Google Plus

About muhamad hafiz

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar